SUSU KENTAL MANIS, SUSU ATAU GULA?

ByRSU Harapan Ibu

SUSU KENTAL MANIS, SUSU ATAU GULA?

Oleh : Rintha Amalia S. Gz – Nutrisionist RSU Harapan Ibu Purbalingga

Beberapa waktu yang lalu, publik dikejutkan dengan pemberitaan kandungan Susu Kental Manis (SKM) yang ternyata bukanlah susu melainkan gula. Banyak pihak yang merasa ditipu dan kecewa hingga menyalahkan BPOM sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam masalah peredaran Susu Kental Manis (SKM). Namun, apakah berita tersebut benar seperti itu?  Yuk kita simak penjelasan berikut ini!

Susu kental manis (SKM) adalah makanan cair yang terbuat dari susu segar yang diuapkan sebagian airnya dan ditambahkan gula sehingga kental untuk memperpanjang daya simpan produk agar tidak mudah rusak dan dapat bertahan lama. Kadar padatan yang terkandung minimum 28%, lemak minimum 8,5% dan gula minimum 42%.

Menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, anjuran konsumsi gula/orang/ hari adalah 10% dari total asupan energi yaitu setara dengan 4 sendok makan atau 50 gram/ orang/ hari. Pada label informasi nilai gizi yang tertera dalam salah satu produk Susu kental manis tertulis bahwa :

-Takaran saji : 42 gram

-Energi total : 160 kkal, energi dari lemak : 40 kkal

          -Lemak total : 4 g (6 %)

          -Protein : 1 g

          – Karbohidrat total : 30 g

           -Gula : 22 g

           -Sukrosa : 21 g

          -Natrium : 30 mg

          -Kalium : 110 mg

Hal yang perlu kita garis bawahi adalah komposisi gula yang terkandung dalam satu kali penyajian Susu kental manis. Dalam 42 gram takaran penyajian (4 sendok makan), terkandung gula sebanyak 22 gram. Artinya lebih dari 50% produk susu kental manis tersebut mengandung gula. Dan apabila kita minum  susu kental manis 2 kali dalam sehari sebagai minuman, maka kita telah mengonsumsi gula sebanyak 44 gram (hampir mencapai batas anjuran konsumsi  gula 50 gram/orang/hari).

            Oleh karena itu, susu kental manis (SKM) tidak cocok jika dijadikan sebagai minuman pengganti susu walaupun terkandung zat gizi lainya seperti protein, vitamin B, vitamin A, kalsium dan fosfor.  Susu kental manis biasanya pas untuk dijadikan topping atau penambah rasa susu pada campuran martabak, kopi, teh,es krim, kue dan cemilan lainya. (Rintha/ Nutrisionis)

About the Author

RSU Harapan Ibu administrator

Leave a Reply