SERBA SERBI OPERASI CAESAR

ByRSU Harapan Ibu

SERBA SERBI OPERASI CAESAR

Oleh Haryanti, S.Kep – Perawat RSU Harapan Ibu  Purbalingga

Kenapa dokter memutuskan untuk melakukan tindakan operasi Caesar?

Kenapa sih dok saya harus caesar? takut dok, kalau bisa usahakan melahirkan secara normal saja ya dok…”

Sectio Caesarea (SC) merupakan suatu cara untuk melahirkan janin dengan membuat sayatan pada dinding uterus melalui dinding depan perut. Mendengar kata operasi bagi sebagian orang merupakan suatu hal yang menakutkan, sehingga muncul banyak pertanyaan  dari pasien. Seorang dokter memutuskan untuk melakukan tindakan operasi ada alasan kuat yang mendasarinya, seperti :1). Alasan yang berasal dari ibu yaitu ada riwayat kehamilan dan persalinan yang buruk pada kehamilan sebelumnya, panggul sempit, plasenta letak rendah sehingga menutupi jalan lahir dan kemungkinan menimbulkan perdarahan yang tentu akan membahayakan bagi ibu dan janin yang dikandungnya, kehamilan yang disertai penyakit (jantung, Diabetes), gangguan perjalanan persalinan (kista ovarium, mioma uteri, dan sebagainya). Selain itu terdapat beberapa penyebab yang menjadi indikasi medis dilaksanakannya seksio sesaria antara lain : PEB (Pre-Eklamsi Berat) atau tekanan darah tinggi pada ibu hamil, KPD (Ketuban Pecah Dini), dan faktor hambatan jalan lahir. 2).  Alasan yang berasal dari janin yaitu Gawat janin seperti denyut jantung janin yang tidak normal, posisi janin yang tidak sesuai seperti letak lintang, tali pusat menumbung dengan pembukaan kecil, dan kegagalan persalinan tindakan vakum.

Apa saja sih yang harus dipersiapkan saat mau menjalani operasi Caesar?

Operasi Caesar membutuhkan beberapa persiapan meliputi persiapan pasien, persiapan alat, dan persiapan petugas. 1) persiapan pasien yaitu : menandatangani surat persetujuan tindakan operasi dan anestesi atau pembiusan, cek laboratorium, foto rontgen dada, dan pemeriksaan rekam jantung, tidak boleh menggunakan make up, terutama lipstick dan kutex karena dikhawatirkan mengganggu pemantauan petugas anestesi dalam menilai warna kulit bagian perifer, dilakukan pemasangan kateter, hal ini bertujuan untuk memantau jumlah pengeluaran urin dan mempermudah pasien dalam buang air kecil, karena pada hari pertama pasca operasi pasien masih dalam pengaruh obat bius yang efeknya otot saluran perkemihan belum bisa bekerja secara optimal seperti biasa, sehingga pasien akan mengalami kesulitan saat hendak buang air kecil, selain itu pasien juga belum diperkenankan untuk miring, dan duduk, semua aktifitas masih harus dibantu orang lain. 2). persiapan alat yaitu : ruangan operasi, peralatan anestesi dan alat bedahnya, serta menyediakan darah untuk tranfusi jika diperlukan. 3). persiapan petugas yaitu : petugas operasi merupakan sebuah tim yang terdiri dari dokter operator / dr obsgyn, dokter anestesi, perawat anestesi, perawat bedah, dokter spesialis anak, dan perawat perinatologi. Semua petugas mempunyai peran yang berbeda dalam proses operasi bunda lhoo..

Prosesnya menyeramkan nggak yaa dan berapa lama waktunya?

Proses operasi Caesar tidak semenyeramkan seperti yang bunda bayangkan kok, waktu yang dibutuhkan rata-rata 30-45 menit. Sebelum operasi bunda akan dikenakan baju khusus untuk operasi, kemudian bunda diberi pembiusan dengan cara disuntik pada bagian bawah punggung, itu namanya teknik spinal anestesi yang mempunyai efek area perut kebawah akan mati rasa. Selama operasi bunda dalam keadaan tetap sadar lho bunda, jadi bunda bisa sambil melihat atau ngobrol dengan petugas, hanya dalam kondisi tertentu, dokter akan melakukan pembiusan total. Petugas akan memasang tirai pembatas dan menutup tubuh bunda dengan kain steril, hanya bagian yang akan diperasi saja yang terbuka, sehingga bunda tidak bisa melihat bagaimana perut bunda disayat, biar nggak ngeri ya bun, jika bunda merasa cemas, agar bunda merasa nyaman dan santai dokter akan memberikan obat penenang jika diperlukan. Pada saat dokter akan memulai proses operasi dokter akan memberitahu bunda dan berdoa bersama agar operasi berjalan dengan lancar. Selama proses operasi bunda akan merasakan seperti ada yang bergoyang-goyang dibawah sana, saat sikecil sudah lahir dokter akan memperlihatkan langsung kepada bunda, sehingga bunda bisa langsung tau seperti apa wajah sikecil dambaan hati bunda, kemudian sikecil diberikan kepada petugas perinatology untuk dilakukan pembersihan dan pemeriksaan, sementara dokter bedahnya melakukan jahitan perut bunda lapis demi lapis sampai menutup. Saat operasi selesai tubuh bunda akan dibersihkan kembali dan sikecil yang sudah selesai dilakukan pemeriksaan akan diantarkan kepelukan bunda, bahagianyaaa.. selamat ya bundaa…

Aktifitas apa saja yang boleh dilakukan setelah menjalani operasi Caesar?

“ Suster…kapan saya boleh makan dan minum, dan kapan saya boleh berjalan?”

Perlu bunda ketahui bahwa operasi Caesar dengan spinal anestesi bisa langsung makan dan minum lho bun…jadi nggak usah takut kekurangan asupan nutrisi, untuk latihan geraknya memang harus bertahap ya bundaa, 6 jam pertama bunda belum boleh bergerak miring…jika terasa capek dan kepingin miring bunda harus minta bantuan petugas ya bun..setelah melewati 6 jam bunda baru boleh latihan miring sendiri pelan-pelan, sebagai informasi luka bekas operasi akan terasa sakit dan kurang nyaman selama beberapa hari, sehingga bunda mungkin akan sulit untuk beraktifitas. 24 jam pasca operasi bunda sudah boleh duduk dan latihan jalan lho bun..cepat yaaa…alat bantu buang air kecil juga akan dilepas..jadi tambah mudah untuk latihan jalan. Bunda bisa meneteki sikecil sambil duduk dengan nyaman, jangan lupa bunda tetap jaga kebersihan tubuh yaaa, dan bagian luka jangan terkena air terlebih dahulu, agar luka cepat kering. Operasi Caesar membutuhkan rawat inap sekitar 3 hari di rumah sakit, setelah itu masih membutuhkan kontrol ke dokter guna mengetahui kesehatan bunda dan sikecil secara keseluruhan.

Kapan boleh berhubungan intim lagi setelah operasi Caesar?

Bunda sebaiknya menghindari berhubungan intim paling tidak 4-6 minggu setelah operasi yaa..walaupun sebenarnya tidak bisa dijadikan patokan murni, semua disesuaikan dengan kondisi tubuh bunda masing-masing. Perhatikan respon tubuh ya bundaa, masih ada kemungkinan rasa nyeri pada sekitar bekas luka, dan adanya rasa kurang nyaman, bilang ke ayah agar sabar sedikit ya bun…sampai benar-benar nyaman.

Kapan waktu yang tepat untuk hamil kembali setelah operasi Caesar??

Waktu yang aman untuk hamil lagi menurut dokter dilihat dari interval interpregnancy (IPI) yaitu waktu dari sejak melahirkan hingga awal kehamilan selanjutnya. Dokter menyebutkan bahwa IPI yang pendek yaitu kurang darei 18 bulan akan beresiko pada komplikasi kehamilan bundaa, seperti Rahim yang robek, berat bayi lahir rendah, terlebuh lagi jika bunda menginginkan persalinan normal setelah operasi atau dikenal dengan vaginal birth after caesarian (VBAC), waktu yang dibutuhkan untuk hamil lagi harus lebih panjang yaitu sekitar 2-3 tahun bundaa…biar aman yaaa. Kenapa sih kok butuh waktu lama? karena untuk memberikan waktu bagi bekas luka operasi untuk sembuh total. Proses pemulihan operasi Caesar lebih lama dibandingkan dengan persalinan normal bunda, jadi pastikan bunda memberikan cukup waktu supaya pulih sempurna sebelum memutuskan untuk hamil lagi.

Nah itu penjelasan sedikit tentang seputar operasi Caesar ya bunda…semoga bermanfaat.

About the Author

RSU Harapan Ibu administrator

Leave a Reply