PERSIAPAN DIMASA NEW NORMAL RUMAH SAKIT UMUM HARAPAN IBU PURBALINGGA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

ByRSU Harapan Ibu

PERSIAPAN DIMASA NEW NORMAL RUMAH SAKIT UMUM HARAPAN IBU PURBALINGGA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

Oleh Tri Astuti Chandradewi, AMK – Perawat RSU Harapan Ibu

Pandemi Covid-19 membuat masyarakat enggan ke rumah sakit karena takut tertular virus mematikan tersebut. Namun berobat ke rumah sakit sering kali tak bisa ditunda walaupun memasuki masa new normal, banyak masyarakat yang masih khawatir berkunjung ke rumah sakit.

Padahal kesehatan dan keselamatan pasien tidak bisa ditunda. Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui masyarakat mengenai tata cara rumah sakit dalam menjaga keamanan dan keselamatan pasien .

RSU Harapan Ibu Purbalingga dalam menghadapi new normal sudah menerapkan standar pelayanan kesehatan yang sangat baik, dalam melayani masyarakat, walaupun  terdapat perubahan dalam pelayanan dirumah sakit dimasa pandemi ini berdampak pada sejumlah perubahan .

RSU Harapan Ibu Purbalingga telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk seluruh pengunjung, mulai dari pasien, keluarga atau pendamping pasien, hingga orang-orang yang bekerja di rumah sakit.

Memang di masa pandemic saat ini banyak yang merasa lebih cemas. Hal tersebut sangat wajar di rasakan oleh semua masyarakat, kita tentu saja berharap dengan situasi yang baru ini memang harus beradaptasi sehingga new normal menjadi bagian dari tahapan awal kondisi ini. Arti new normal  adalah situasi yang akan kita jelang dan harus kita hadapi ditengah pandemi ini meskipun belum selesai.

Protokol kesehatan yang dilaksanakan oleh pihak RSU Harapan Ibu Purbalingga sehingga masyarakat tidak perlu takut dan khawatir meliputi:

  • Penggunaan Masker

Pengunaan masker di masa pandemi ini sangatlah penting dari mulai Dokter, Perawat, Tim security serta pasien dan penunggu pasien pun  selalu menggunakan masker sebagai pelindung diri sebagai langkah awal untuk pencegahan virus covid-19.

  • Mencuci  Tangan

Mencuci tangan adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunakan sabun atau hand sanitaizer dalam memutus  mata rantai suatu virus atau penyakit.  Hal ini dilakukan karena tangan sering kali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan berpindahnya virus dari satu orang ke orang lain.

  • Pengecekan  Suhu Tubuh

Saat akan  memasuki area RSU Harapan Ibu Purbalingga pengunjung, pasien dan staf kerja harus  dilakukan pengukuran suhu tubuh,karena pengukuran suhu tubuh adalah salah satu langkah untuk mengantisipasi pencegahan terinveksi  virus corona

  • Penerapan Jaga Jarak ( Sosial Distancing )

Social distancing merupakan salah satu langkah pencegahan dan pengendalian inveksi virus corona dengan menganjurkan orang sehat untuk membatasi kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung dengan orang lain serta tempat duduk para penunggu  yang telah disesuakan untuk mencaga jarak dengan orang lain.

  • APD (Alat Pelindung Diri )

Di RSU Harapan Ibu Purbalingga seluruh staf kerja sudah menggunakan alat perlindungan diri (APD) yang lengkap yang berfungsi untuk mencegah penularan virus corona

Dalam kontek islam menurut Dr. KH marsudi Syuhud sudah diajarkan bagaimana konsep “ hablum minallah dan hablum minannas” atau hubungan dengan Alloh SWT dan sesama manusia dan alam semesta. Jika kehidupan dan harmoni antara Alloh, manusia dan alam semesta bisa diwujudkan, maka bala bencana akan bisa diatasi dengan baik dan lancar  termasuk covid-19.

Pandemic covid-19 menurutnya diturunkan diturunkan Alloh swt untuk menguji sekaligus mengembalikan manusia pada kehidupan yang harmonis. Ujian Alloh SWT adalah untuk membuat manusia hidup dengan baik, kuat, produktif dan tanggap pada masalah sesamanya termasuk dalam mengatasi dampak pandemic Covid-19 dan segala dampak negatifnya .

Demi keselamatan dan kenyamanan seluruh pengunjung RSU Harapan Ibu Purbalingga kami selalu menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid -19 di lingkungan Rumah Sakit.

Jangan tunda dan takut berobat  ke RUMAH SAKIT UMUM HARAPAN IBU PURBALINGGA karena  kami sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar yang berlaku.

“Segeralah ke rumah sakit karena kesehatan anda sangatlah berharga”.

About the Author

RSU Harapan Ibu administrator

Leave a Reply