Mencegah Penyakit Jantung dengan Pola Hidup Sehat

ByRSU Harapan Ibu

Mencegah Penyakit Jantung dengan Pola Hidup Sehat

oleh Yusefi Verawati, AMK – Perawat RSU Harapan Ibu Purbalingga

Penyakit jantung merupakan penyakit penyebab kematian nomor satu di dunia dan angka penderita penyakit jantung dan pembuluh darah terus meningkat setiap tahunnya. Di Indonesia setidaknya 15 orang dari 1000 orang atau 2.784.064 individu di Indonesia menderita penyakit jantung (Riskesdas, 2018). Di Rumah Sakit Umum Harapan Ibu Purbalingga dari bulan Januari-Agustus 2020 penyakit jantung menempati urutan nomor 8 setelah penyakit Osteo Arthritis Genu dan Batu Ginjal. Salah satu penyebab meningkatnya penyakit jantung adalah pola hidup tidak sehat. Penyakit jantung disebabkan karena adanya gangguan pembuluh darah yang tersumbat oleh plak. Beberapa faktor resiko timbulnya plak antara lain peningkatan tekanan darah, peningkatan kolesterol, obesitas, merokok, dan gaya hidup tidak aktif.

Secara umum gejala awal yang muncul dari penyakit jantung antara lain:

  1. Jantung berdebar
  2. Sesak nafas
  3. Berkeringat dingin
  4. Adanya nyeri dada seperti tertusuk atau tertindih benda berat
  5. Mudah lelah
  6. Gangguan tidur

Mengingat tingginya angka penyakit jantung di Indoinesia, perlu adanya upaya mencegah penyakit jantung yaitu dengan pola hidup sehat. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan jantung antara lain:

  • Tidak merokok

Zat yang terkandung dalam rokok dapat meningkatkan pertumbuhan plak dalam pembuluh darah sehingga beresiko memicu penyakit jantung.

  • Pola makan yang sehat

Pola makan yang sehat untuk kesehatan jantung seperti perbanyak makan buah dan sayur, makan kaya gandum, diit rendah garam, makan makanan rendah lemak, hindari makanan junk food dan gorengan.

  • Jaga berat badan ideal

Berat badan berlebih memeksa jantung bekerja lebih keras, menurunkan beberapa kilogram berat badan dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

  • Gaya hidup aktif

Olahraga dapat menjaga berat badan tetap stabil, olahraga teratur dapat menurunkan kadar LHL sehingga kemungkinan terjadi pengendapan kolesterol dapat dihindari. Pilihlah olahraga yang ringan seperti jalan-jalan disekitar rumah secara teratur di pagi hari.

  • Hindari Minuman Beralkohol

Mengkonsumsi alkohol secara berlebih dapat meningkatkan resiko hipertensi yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, mengkonsumsi alkohol secara berlebih juga dapat menyebabkan kerusakan fungsi hati.

  • Hindari stres

Saat seseorang mengalami stres tekanan darah meningkat, aliran darah tidak lancar dan dapat menimbulkan gangguan fungsi jantung. Beberapa cara mengelola stres agar terhindar dari penyakit jantung seperti melakukan olahraga, melakukan aktivitas yang disukai, tidur yang cukup, atau bila perlu konsultasi ke psikolog.

  • Periksakan diri anda ke dokter

Banyak orang yang takut untuk memeriksakan dirinya ke fasilitas kesehatan. Saat anda sakit segeralah memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan sehingga dapat mengetahui berbagai penyakit pada tahap dini. Jadi jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter saat sakit agar penyakit serius dapat terhindari.

About the Author

RSU Harapan Ibu administrator

Leave a Reply