CARA MENGATASI SAKIT PADA PINGGANG

ByRSU Harapan Ibu

CARA MENGATASI SAKIT PADA PINGGANG

Oleh Ade Gunawan, Amd.FT – Fisioterapis RSU Harapan Ibu

Saya sering menjumpai pasien yang mengalami sakit di bagian pinggang yang menjalar sampai ke satu kaki ataupun keduanya dan hasil pemeriksaan rontgen menunjukan  adanya HNP atau (Herniated Nucleus Pulposus) pada lumbal.

Ada banyak cara untuk mengurangi kesakitan  pada kondisi tersebut, salah satunya dengan mengatur dulu postur tubuh anda ketika beraktifitas sehari-hari. Karena tidak sedikit kasus HNP banyak dijumpai dikarenakan posisi atau postur tubuh yang kurang ergonomis ketika bekerja/beraktifitas lainnya.

Berikut contoh gerakan yang anda bisa lakukan dirumah untuk maintenance atau perawatan diri sendiri untuk mengurangi semakin bertambahnya nyeri pada pinggang anda :

  • Extensions exercise or Press-ups

Menekan area pantat ke matras selama 5 detik dan secara bertahap lakukan hingga 30 detik, kemudian ulangi hingga 10 kali pengulangan setiap harinya.

  • Advances extension

Posisi masih tengkurap hanya posisi tangan mendorong ke lantai hingga area punggung terangkat. Lakukan dan ditahan 1 detik kemudian ulangi sampai 10 kali pengulangan

  • Low back muscle strengthening exercises

Menopang pinggul dengan kedua tangan dan meluruskan kedua kaki sampai  punggung bawah meregang ke belakang. Lakukan gerakan tersebut bertahap ditahan 5 detik sampai 30 detik  kemudian ulangi sampai 10 kali pengulangan.

  • Abdominal muscle strengthening exercises

Lakukan gerakan ini ditahan bertahap dari 2 detik sampai 4 detik kemudian turukan perlahan. Diulangi sampai 10 kali pengulangan.

Ada banyak sekali contoh gerakan yg  dapat mengurangi nyeri yg menjalar tersebut

Sesuaikan dengan kondisi fisik anda dan perlu konsistensi serta rutinitas yg stabil untuk melakukan gerakan tersebut untuk mencapai yg maksimal..

Tetap semangat..semua ada jalan…FSIOTERAPI siap membantu anda

About the Author

RSU Harapan Ibu administrator

Leave a Reply