CAPAIAN INDIKATOR MUTU JANUARI – MARET 2019

CAPAIAN INDIKATOR MUTU

RSU HARAPAN IBU PURBALINGGA

JANUARI-MARET 2019

A. INDIKATOR AREA KLINIS

1. Asesmen awal: Angka ketepatan assesment asuhan gizi

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
> 80% 96,04 % 72,71 % 83,84 %

2. elayanan Laboratorium: Angka ketepatan waktu tunggu pemeriksaan cito di IGD

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
> 90% 90,32 % 57,89 % 69,23 %

3. Pelayanan radiologic dan diagnostic imaging: Angka ketepatan waktu pelaporan hasil kritis pemeriksaan Rontgen dan USG

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
> 90% 100 % 100 % 100 %

4. Prosedur bedah : Angka pelaporan ketidak sesuaian diagnosa pre dan post operasi

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
< 5% 2,6 % 1,24 % 1,07 %

5. Penggunaan antibiotika dan obat lainnya : Angka Penggunaan Antibiotik Profilaksis pada Pasien Bedah Sesar

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
≥ 85% 97,62 % 100 % 97,62 %

6. Kesalahan medikasi : Kejadian Kesalahan Pembacaan Resep di Farmasi

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
0 0 0 0

7. Penggunaan anestesi & sedasi : Angka kelengkapan surat persetujuan tindakan anestesi

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
100% 100 % 100 % 100 %

8. Penggunaan darah dan produk darah : Angka terjadinya reaksi transfusi

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
< 0,01% 1,92 % 0 % 0 %

9. Ketersediaan, isi dan penggunaan RM pasien : Angka ketepatan waktu penyediaan dokumen rekam medik pasien rawat jalan

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
≥ 85% 49 % 54,67 % 51,67 %

10. PPI, surveilans dan pelaporan : Angka Pelaporan Infeksi Luka Operasi / ILO

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
< 2% 1,32 % 1,48 % 3,90 %

B. INDIKATOR AREA MANAJEMEN

1. Pengadaan rutin alkes dan obat penting untuk memenuhi kebutuhan pasien : Kejadian kekosongan obat & alkes di ICU

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
0 0 0 0

2. Pelaporan aktivitas yang diwajibkan oleh peraturan perundangan : Angka Ketepatan Waktu Pelaporan Bulanan Instalasi Rekam

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
≤ Tanggal 10 Tanggal 12 Tanggal 12 Tanggal 8

3. Manajemen resiko : Angka kepatuhan staf dalam proses dekontaminasi peralatan di area berisiko (CSSD)

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
100% 97,7 % 95,40 % 98,40 %

4. Manajemen penggunaan sumberdaya : Ketepatan waktu pemeliharaan alat medis

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
> 90% 95,20 % 96 % 96,6 %

5. Harapan dan kepuasan pasien dan keluarga : Angka kepuasan pasien rawat inap

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
≥ 85% 98 % 91,20 % 93,70 %

6. Harapan dan kepuasaan staf : Angka kepuasan karyawan

Standar: ≥ 85%

Rencana dilakukan 1 tahun 2 kali pada bulan April & Oktober 2019

7. Demografi pasien dan diagnosis klinis : Laporan pola pendidikan pasien

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
ada ada ada ada

8. Manajemen keuangan : Angka ketepatan waktu tunggu penyelesaian administrasi pasien pulang rawat inap

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
90% 89,50 % 92 % 91 %

9. Pencegahan dan pengendalian dari kejadian yang dapat menimbulkan masalah bagi keselamatan pasien dan keluarga pasien dan staf : Hasil pemeriksaan bakteriologis air bersih rumah sakit

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
100 % 100 % 0 %

C. INDIKATOR SASARAN KESELAMATAN PASIEN

1. Peningkatan komunikasi efektif: Survey pemahaman read back proses
Dilakukan per periode, 1 periode berlangsung 3 bulan, seluruh perawat dilakukan survey pemahaman readback proses.

Standar: > 90%

Capaian periode Januari 2019 – Maret 2019 = 100%

2. Peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai : Kejadian tidak adanya label high alert pada obat high alert di rawat inap

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
0 1 0 0

3. Kepastian tepat lokasi tepat prosedur tepat pasien operasi : Kejadian tidakadanya penandaan pada daerah operasi

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
0 0 0 0

4. Pengurangan infeksi terkait pelayanan kesehatan : Angka kepatuhan hand hygiene pada petugas

NO RUANG STANDAR (%) JANUARI (%) FEBRUARI (%) MARET (%)
1 ICU > 90 93,33 95,00 96,67
2 Kamila Atas > 90 89,17 93,64 93,33
3 Kamila Bawah > 90 93,33 92,38 94,17
4 Kebidanan > 90 91,25 93,33 96,88
5 IBS/OK > 90 93,64 96,00 96,57
6 Pediatrik > 90 89,50 92,14 96,57
7 Perinatologi > 90 94,67 92,50 95,48
8 Poliklinik > 90 91,72 94,00 95,00
9 Security > 90 87,00 89,41 90
10 Admin > 90 92,94 92,73 94,17
11 ISS/Cleaning Service > 90 90,53 88,00 89,63
12 Laundry > 90 90,91 93,68 92,73
13 Parkir > 90 86,67 88,24 87,00
14 Radiologi > 90 94,12 95,29 97,27
15 Hemodialisa > 90 95,20 95,00 96,00
16 Farmasi > 90 93,00 91,00 91,82
17 Gizi > 90 93,00 92,73 97,39
18 Dokter > 90 87,78 91,58 89,00
19 IGD > 90 91,43 91,58 95,00
20 Ash Shobari > 90 94,22 90,59 95,90
21 Zal Bawah > 90 93,16 92,67 96,67
22 Zal Bedah > 90 91,25 91,58 95,17
RATA RATA KESELURUHAN 91,72 92,41 94,20

5. Pengurangan resiko jatuh : Kejadian pasien jatuh

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
0 3 1 1

D. INDIKATOR KEMENKES

1. Emergency Respon Time: Angka ketepatan Emergency respon time

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
≥ 80% 93,10 % 100 % 100 %

2. Waktu tunggu rawat jalan: Angka ketepatan waktu tunggu rawat jalan

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
≥ 80% 63 % 72,3 % 72,9 %

3. Penundaan operasi elektif: Angka penundaan operasi

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
< 5% 0,99 % 1,48 % 0 %

4. Kepatuhan jam visite dokter spesialis: Kejadian pasien tidak di visite oleh DPJP di dalam fase perawatan

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
0 119 127 175

5. Waktu lapor hasil tes kritis laboratorium: Angka ketepatan waktu penyampaian nilai kritis ke perawat

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
> 90% 100 % 96 % 100 %

6. Kepatuhan cuci tangan: Angka kepatuhan hand hygiene pada petugas

NO RUANG STANDAR (%) JANUARI (%) FEBRUARI (%) MARET (%)
1 ICU > 90 93,33 95,00 96,67
2 Kamila Atas > 90 89,17 93,64 93,33
3 Kamila Bawah > 90 93,33 92,38 94,17
4 Kebidanan > 90 91,25 93,33 96,88
5 IBS/OK > 90 93,64 96,00 96,57
6 Pediatrik > 90 89,50 92,14 96,57
7 Perinatologi > 90 94,67 92,50 95,48
8 Poliklinik > 90 91,72 94,00 95,00
9 Security > 90 87,00 89,41 90
10 Admin > 90 92,94 92,73 94,17
11 ISS/Cleaning Service > 90 90,53 88,00 89,63
12 Laundry > 90 90,91 93,68 92,73
13 Parkir > 90 86,67 88,24 87,00
14 Radiologi > 90 94,12 95,29 97,27
15 Hemodialisa > 90 95,20 95,00 96,00
16 Farmasi > 90 93,00 91,00 91,82
17 Gizi > 90 93,00 92,73 97,39
18 Dokter > 90 87,78 91,58 89,00
19 IGD > 90 91,43 91,58 95,00
20 Ash Shobari > 90 94,22 90,59 95,90
21 Zal Bawah > 90 93,16 92,67 96,67
22 Zal Bedah > 90 91,25 91,58 95,17
RATA RATA KESELURUHAN 91,72 92,41 94,20

7. Kepuasan pasien dan keluarga: Angka Kepuasan Pelanggan pada Pelayanan Gawat Darurat

STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
≥ 80% 91 % 86 % 90 %