CAPAIAN INDIKATOR MUTU APRIL-JUNI 2019

CAPAIAN INDIKATOR MUTU

RSU HARAPAN IBU PURBALINGGA

APRIL-JUNI 2019

A. INDIKATOR AREA KLINIS

1. Asesmen awal: Angka ketepatan assesment asuhan gizi

STANDAR APRIL MEI JUNI
> 80% 86,15 % 98,26 % 98,26 %

2. Pelayanan Laboratorium: Angka ketepatan waktu tunggu pemeriksaan cito di IGD

STANDAR APRIL MEI JUNI
> 90% 75,00 % 68,40 % 85,70 %

3. Pelayanan radiologic dan diagnostic imaging: Angka ketepatan waktu pelaporan hasil kritis pemeriksaan Rontgen dan USG

STANDAR APRIL MEI JUNI
> 90% 100 % 100 % 100 %

4. Prosedur bedah : Angka pelaporan ketidak sesuaian diagnosa pre dan post operasi

STANDAR APRIL MEI JUNI
< 5% 0 % 0 % 0 %

5. Penggunaan antibiotika dan obat lainnya : Angka Penggunaan Antibiotik Profilaksis pada Pasien Bedah Sesar

STANDAR APRIL MEI JUNI
≥ 85% 100 % 100 % 100 %

6. Kesalahan medikasi : Kejadian Kesalahan Pembacaan Resep di Farmasi

STANDAR APRIL MEI JUNI
0 0 0 0

7. Penggunaan anestesi & sedasi : Angka kelengkapan surat persetujuan tindakan anestesi

STANDAR APRIL MEI JUNI
100% 100 % 100 % 100 %

8. Penggunaan darah dan produk darah : Angka terjadinya reaksi transfusi

STANDAR APRIL MEI JUNI
< 0,01% 0 % 4,10 % 0 %

9. Ketersediaan, isi dan penggunaan RM pasien : Angka ketepatan waktu penyediaan dokumen rekam medik pasien rawat jalan

STANDAR APRIL MEI JUNI
≥ 85% 40 % 36,33 % 61,33 %

10. PPI, surveilans dan pelaporan : Angka Pelaporan Infeksi Luka Operasi / ILO

STANDAR APRIL MEI JUNI
< 2% 0,82 % 0 % 0,80 %

B. INDIKATOR AREA MANAJEMEN

1. Pengadaan rutin alkes dan obat penting untuk memenuhi kebutuhan pasien : Kejadian kekosongan obat & alkes di ICU

STANDAR APRIL MEI JUNI
0 0 0 0

2. Pelaporan aktivitas yang diwajibkan oleh peraturan perundangan : Angka Ketepatan Waktu Pelaporan Bulanan Instalasi Rekam

STANDAR APRIL MEI JUNI
< Tanggal 10 Tanggal 7 Tanggal 12 Tanggal 8

3. Manajemen resiko : Angka kepatuhan staf dalam proses dekontaminasi peralatan di area berisiko (CSSD)

STANDAR APRIL MEI JUNI
100 % 89,5 % 92,6 % 92 %

4. Manajemen penggunaan sumberdaya : Ketepatan waktu pemeliharaan alat medis

STANDAR APRIL MEI JUNI
> 90% 91,08 % 93,62 % 94,7 %

5. Harapan dan kepuasan pasien dan keluarga : Angka kepuasan pasien rawat inap

STANDAR APRIL MEI JUNI
≥ 85% 95,90 % 95,40 % 96,90 %

6. Harapan dan kepuasaan staf : Angka kepuasan karyawan

Standar: ≥ 85%

Rencana dilakukan 1 tahun 2 kali pada bulan April & Oktober 2019 Hasil survey kepuasan karyawan pada bulan april, sebanyak 88% puas terhadap Rumah Sakit Harapan Ibu.

7. Demografi pasien dan diagnosis klinis : Laporan pola pendidikan pasien

STANDAR APRIL MEI JUNI
ada ada ada ada

8. Manajemen keuangan : Angka ketepatan waktu tunggu penyelesaian administrasi pasien pulang rawat inap

STANDAR APRIL MEI JUNI
90% 98 % 88,27 % 89,98 %

9. Pencegahan dan pengendalian dari kejadian yang dapat menimbulkan masalah bagi keselamatan pasien dan keluarga pasien dan staf : Hasil pemeriksaan bakteriologis air bersih rumah sakit

STANDAR APRIL MEI JUNI
100% 100 % 50 % 50 %

C. INDIKATOR SASARAN KESELAMATAN PASIEN

1. Peningkatan komunikasi efektif: Survey pemahaman read back proses
Dilakukan per periode, 1 periode berlangsung 3 bulan, seluruh perawat dilakukan survey pemahaman readback proses.

Standar: > 90%

Capaian periode April 2019 – Juni 2019 = 100%

2. Peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai : Kejadian tidak adanya label high alert pada obat high alert di rawat inap

STANDAR APRIL MEI JUNI
0 0 0 0

3. Kepastian tepat lokasi tepat prosedur tepat pasien operasi : Kejadian tidak adanya penandaan pada daerah operasi

STANDAR APRIL MEI JUNI
0 0 0 0

4. Pengurangan infeksi terkait pelayanan kesehatan : Angka kepatuhan hand hygiene pada petugas

RUANG STANDAR (%) APRIL (%) MEI (%) JUNI (%)
ICU > 90 94,29 95,00 90,00
Kamila Atas > 90 92,63 94,81 90,00
Kamila Bawah > 90 93,33 94,55 92,59
Kebidanan > 90 93,94 94,84 87,20
IBS/OK > 90 92,59 94,55 90,00
Pediatrik > 90 90,91 93,33 89,19
Perinatologi > 90 92,26 95,38 90,00
Poliklinik > 90 90,00 94,67 87,20
IGD > 90 89,52 93,33 90,43
Ash Shobari > 90 90,34 92,82 89,52
Zal Bawah > 90 90,59 93,00 86,90
Zal Bedah > 90 93,57 95,56 91,30
Dokter > 90 86,67 85,26 85,26
IT > 90 89,33 88,00 88,00
RM > 90 88,24 92,94 89,41
GIZI > 90 90,00 90,00 90,00
Security > 90 88,75 86,25 88,75
KASIR > 90 89,33 84,00 84,00
Farmasi RI > 90 90,00 86,00 86,00
Kantor zona 1 > 90 90,77 87,69 90,77
ISS > 90 89,33 86,67 88,00
Laundry > 90 88,00 88,00 86,00
Hemodialisa > 90 92,00 91,11 91,11
TPPRI > 90 85,71 87,14 90,00
TPPRJ > 90 86,00 88,00 88,00
Koperasi > 90 84,29 85,00 85,00
RADIOLOGI > 90 90,00 84,29 90,00
LABORATORIUM > 90 92,94 91,76 91,76
FILLING > 90 85,00 83,33 90,00
KEUANGAN > 90 86,15 90,77 90,77
BPJS > 90 85,33 86,67 89,33
FARMASI RJ > 90 85,33 88,00 88,00
SDM > 90 86,15 85,00 90,00
PARKIR > 90 81,43 81,43 87,14
DRIVER > 90 85,00 83,33 85,00
TEKNISI > 90 83,08 83,08 83,08
RATA RATA KESELURUHAN 88,97 89,32 88,60

5. Pengurangan resiko jatuh : Kejadian pasien jatuh

STANDAR APRIL MEI JUNI
0 0 0 1

D. INDIKATOR KEMENKES

1. Emergency Respon Time: Angka ketepatan Emergency respon time

STANDAR APRIL MEI JUNI
≥ 80% 100 % 100 % 100 %

2. Waktu tunggu rawat jalan: Angka ketepatan waktu tunggu rawat jalan

STANDAR APRIL MEI JUNI
≥ 80% 72,4 % 73,1 % 73 %

3. Penundaan operasi elektif: Angka penundaan operasi

STANDAR APRIL MEI JUNI
< 5% 0,41 % 0,36 % 1,18 %

4. Kepatuhan jam visite dokter spesialis: Kejadian pasien tidak di visite oleh DPJP di dalam fase perawatan

STANDAR APRIL MEI JUNI
0 196 100 213

5. Waktu lapor hasil tes kritis laboratorium: Angka ketepatan waktu penyampaian nilai kritis ke perawat

STANDAR APRIL MEI JUNI
> 90% 100 % 100 % 100 %

6. Kepatuhan cuci tangan: Angka kepatuhan hand hygiene pada petugas

RUANG STANDAR (%) APRIL (%) MEI (%) JUNI (%)
ICU > 90 94,29 95,00 90,00
Kamila Atas > 90 92,63 94,81 90,00
Kamila Bawah > 90 93,33 94,55 92,59
Kebidanan > 90 93,94 94,84 87,20
IBS/OK > 90 92,59 94,55 90,00
Pediatrik > 90 90,91 93,33 89,19
Perinatologi > 90 92,26 95,38 90,00
Poliklinik > 90 90,00 94,67 87,20
IGD > 90 89,52 93,33 90,43
Ash Shobari > 90 90,34 92,82 89,52
Zal Bawah > 90 90,59 93,00 86,90
Zal Bedah > 90 93,57 95,56 91,30
Dokter > 90 86,67 85,26 85,26
IT > 90 89,33 88,00 88,00
RM > 90 88,24 92,94 89,41
GIZI > 90 90,00 90,00 90,00
Security > 90 88,75 86,25 88,75
KASIR > 90 89,33 84,00 84,00
Farmasi RI > 90 90,00 86,00 86,00
Kantor zona 1 > 90 90,77 87,69 90,77
ISS > 90 89,33 86,67 88,00
Laundry > 90 88,00 88,00 86,00
Hemodialisa > 90 92,00 91,11 91,11
TPPRI > 90 85,71 87,14 90,00
TPPRJ > 90 86,00 88,00 88,00
Koperasi > 90 84,29 85,00 85,00
RADIOLOGI > 90 90,00 84,29 90,00
LABORATORIUM > 90 92,94 91,76 91,76
FILLING > 90 85,00 83,33 90,00
KEUANGAN > 90 86,15 90,77 90,77
BPJS > 90 85,33 86,67 89,33
FARMASI RJ > 90 85,33 88,00 88,00
SDM > 90 86,15 85,00 90,00
PARKIR > 90 81,43 81,43 87,14
DRIVER > 90 85,00 83,33 85,00
TEKNISI > 90 83,08 83,08 83,08
RATA RATA KESELURUHAN 88,97 89,32 88,60

7. Kepuasan pasien dan keluarga: Angka Kepuasan Pelanggan pada Pelayanan Gawat Darurat

STANDAR APRIL MEI JUNI
> 80% 93 % 97 % 99 %