CAPAIAN INDIKATOR MUTU APRIL-JULI 2017

CAPAIAN INDIKATOR MUTU

RSU HARAPAN IBU PURBALINGGA

APRIL-JULI 2017

A. INDIKATOR AREA KLINIS                   

  1. Asesmen awal: Angka kelengkapan asesmen awal medis di rawat inap
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
> 80 % 96,80 % 95,46 % 95,69 % 96,28 %

 

 

  1. Pelayanan Laboratorium: Angka ketepatan waktu hasil pemeriksaan darah rutin di rawat jalan
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
> 90% 99,55 % 99,60 % 100 % 99,50 %

 

  1. Pelayanan radiologic dan diagnostic imaging: Angka pengulangan pemeriksaan radiologi polos
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
< 2% 0,5  % 2,2 % 0,6 % 0,9 %

  1. Prosedur bedah : Angka kelengkapan laporan operasi
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
> 95 % 100  % 100% 100% 100 %

 

  1. Penggunaan antibiotika dan obat lainnya : Angka penulisan resep sesuai formularium di farmasi rawat jalan
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
> 95 % 96 % 98,80 % 99,58 % 99,45 %

  1. Kesalahan medikasi : Angka ketepatan waktu pemberian antibiotika injeksi pada pasien di rawat inap.
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
> 80 % 97,79 % 99,77 % 99,94 % 99,90 %

 

  1. Penggunaan anestesi & sedasi : Angka kelengkapan asesmen pre anestesi
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
> 95 % 100 % 100 % 100 % 100 %

 

  1. Penggunaan darah dan produk darah : Angka ketepatan waktu penyediaan darah untuk pasien sectio secaria cito
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
> 98 % 100% 100 % 100 % 100 %

  1. Ketersediaan, isi dan penggunaan RM pasien : Angka ketepatan waktu penyediaan dokumen rekam medik pasien lama di IGD
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
> 90 % 54,91% 72,99% 72,20% 70,0 %

 

 

 

 

  1. PPI, surveilans dan pelaporan : Angka phlebithis
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
< 1,5 % 0,72 % 0,85 % 0,7 % 0,59 %

           

B. INDIKATOR AREA MANAJEMEN           

  1. Pengadaan rutin alkes dan obat penting untuk memenuhi kebutuhan pasien : Kejadian kekosongan obat emergensi di IGD
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
0 1 0 0 0

 

 

  1. Pelaporan aktivitas yang diwajibkan oleh peraturan perundangan : Kejadian keterlambatan pelaporan obat narkotika
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
Tepat waktu Terlambat Tepat waktu Tepat waktu Tepat waktu

 

  1. Manajemen resiko : Kejadian staf Rumah Sakit tertusuk limbah benda tajam
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
0 0 0 0 0

 

  1. Manajemen penggunaan sumberdaya : Angka ketepatan waktu respon genset saat listrik padam di ICU
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
> 95 % 100 % 100 % 100 % 100 %

 

  1. Harapan dan kepuasan pasien dan keluarga : Angka kepuasan pasien rawat inap
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
≥ 85 % 91,10% 92,90% 95,40% 95,20%

 

 

  1. Harapan dan kepuasaan staf : Angka kepuasan karyawan

Standar ≥ 85%

Dilakukan 1 tahun 1 kali pada bulan Juli oleh bagian SDM.

Survei dilakukan dengan menggunakan kuesioner kepuasan karyawan.

 

  1. Demografi pasien dan diagnosis klinis : Laporan 10 besar penyakit
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
Ada ada ada ada ada

 

  1. Manajemen keuangan : Kejadian keterlambatan pengajuan klaim BPJS
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
Tepat waktu

( tgl 20, 2 bln berikutnya)

Terlambat

28/04/2017

Terlambat

22/05/2017

Tepat waktu

16/06/2017

Terlambat

21/06/2017

 

  1. Pencegahan dan pengendalian dari kejadian yang dapat menimbulkan masalah bagi keselamatan pasien dan keluarga pasien dan staf : Pola pemahaman staf dalam penanganan kebakaran

Survey dilakukan 2 kali pada bulan November 2016 dan April 2017.

STANDAR PRE INTERVENSI

(NOVEMBER)

POST INTERVENSI

(APRIL)

50 % 30,69 % 62,87%

C. INDIKATOR SASARAN KESELAMATAN PASIEN

  1. Ketepatan identifikasi pasien : Angka kepatuhan pelaksanaan identifikasi sebelum pemberian obat
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
 > 80 % 99,66 % 99,81 % 100 % 99 %

    

  1. Peningkatan komunikasi efektif: Angka kelengkapan verifikasi pada read back proses
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
> 90% 83,05 % 87,33 % 82,63 % 89,83 %

  1. Peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai : Kejadian tidak adanya label high alert pada obat high alert di IGD
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
0 2 4 0 0

 

  1. Kepastian tepat lokasi tepat prosedur tepat pasien operasi : Angka kelengkapan Surgical Safety Ceklist
STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
98 % 100 % 100 % 100 % 100 %

  1. Pengurangan infeksi terkait pelayanan kesehatan : Angka kepatuhan hand hygiene pada petugas
  STANDAR APRIL MEI JUNI JULI
DOKTER > 60 % 82 % 80 % 82 % 85 %
PERAWAT > 60 % 82,09 % 84,09 % 85,5 % 87,2 %
ADMIN >60 % 80 % 82,5 % 84 % 86,5 %
SECURITY >60 % 78,5 % 77,5 % 79 % 79 %
LAUNDRY >60 % 80 % 75 % 75 % 77 %
LABORAT >60 % 85 % 85 % 85 % 88 %
FARMASI >60 % 80 % 85 % 85 % 85 %
GIZI >60 % 85 % 85 % 85 % 87 %
RADIOLOGI >60 % 80 % 80 % 80 % 85 %
CLEANING SERVICE >60 % 77 % 76,5 % 79 % 80 %
PENDAFTARAN >60 % 80 % 80 % 80 % 82,5 %
PARKIR >60 % 75 % 75 % 76 % 76 %
RATA-RATA >60 % 80,4 % 80,4 % 81,3 % 83,1 %

                                                                                                                    

 

  1. Pengurangan resiko jatuh : Kejadian tidak terpasangnya gelang pada pasien risiko jatuh
STANDAR JANUARI FEBRUARI MARET
0 0 0 0