CAPAIAN INDIKATOR MUTU APRIL-JULI 2017

CAPAIAN INDIKATOR MUTU

RSU HARAPAN IBU PURBALINGGA

APRIL-JULI 2017

A. INDIKATOR AREA KLINIS                   

  1. Asesmen awal: Angka kelengkapan asesmen awal medis di rawat inap
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
> 80 %96,80 %95,46 %95,69 %96,28 %

 

 

  1. Pelayanan Laboratorium: Angka ketepatan waktu hasil pemeriksaan darah rutin di rawat jalan
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
> 90%99,55 %99,60 %100 %99,50 %

 

  1. Pelayanan radiologic dan diagnostic imaging: Angka pengulangan pemeriksaan radiologi polos
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
< 2%0,5  %2,2 %0,6 %0,9 %

  1. Prosedur bedah : Angka kelengkapan laporan operasi
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
> 95 %100  %100%100%100 %

 

  1. Penggunaan antibiotika dan obat lainnya : Angka penulisan resep sesuai formularium di farmasi rawat jalan
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
> 95 %96 %98,80 %99,58 %99,45 %

  1. Kesalahan medikasi : Angka ketepatan waktu pemberian antibiotika injeksi pada pasien di rawat inap.
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
> 80 %97,79 %99,77 %99,94 %99,90 %

 

  1. Penggunaan anestesi & sedasi : Angka kelengkapan asesmen pre anestesi
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
> 95 %100 %100 %100 %100 %

 

  1. Penggunaan darah dan produk darah : Angka ketepatan waktu penyediaan darah untuk pasien sectio secaria cito
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
> 98 %100%100 %100 %100 %

  1. Ketersediaan, isi dan penggunaan RM pasien : Angka ketepatan waktu penyediaan dokumen rekam medik pasien lama di IGD
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
> 90 %54,91%72,99%72,20%70,0 %

 

 

 

 

  1. PPI, surveilans dan pelaporan : Angka phlebithis
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
< 1,5 %0,72 %0,85 %0,7 %0,59 %

           

B. INDIKATOR AREA MANAJEMEN           

  1. Pengadaan rutin alkes dan obat penting untuk memenuhi kebutuhan pasien : Kejadian kekosongan obat emergensi di IGD
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
01000

 

 

  1. Pelaporan aktivitas yang diwajibkan oleh peraturan perundangan : Kejadian keterlambatan pelaporan obat narkotika
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
Tepat waktuTerlambatTepat waktuTepat waktuTepat waktu

 

  1. Manajemen resiko : Kejadian staf Rumah Sakit tertusuk limbah benda tajam
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
00000

 

  1. Manajemen penggunaan sumberdaya : Angka ketepatan waktu respon genset saat listrik padam di ICU
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
> 95 %100 %100 %100 %100 %

 

  1. Harapan dan kepuasan pasien dan keluarga : Angka kepuasan pasien rawat inap
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
≥ 85 %91,10%92,90%95,40%95,20%

 

 

  1. Harapan dan kepuasaan staf : Angka kepuasan karyawan

Standar ≥ 85%

Dilakukan 1 tahun 1 kali pada bulan Juli oleh bagian SDM.

Survei dilakukan dengan menggunakan kuesioner kepuasan karyawan.

 

  1. Demografi pasien dan diagnosis klinis : Laporan 10 besar penyakit
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
Adaadaadaadaada

 

  1. Manajemen keuangan : Kejadian keterlambatan pengajuan klaim BPJS
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
Tepat waktu

( tgl 20, 2 bln berikutnya)

Terlambat

28/04/2017

Terlambat

22/05/2017

Tepat waktu

16/06/2017

Terlambat

21/06/2017

 

  1. Pencegahan dan pengendalian dari kejadian yang dapat menimbulkan masalah bagi keselamatan pasien dan keluarga pasien dan staf : Pola pemahaman staf dalam penanganan kebakaran

Survey dilakukan 2 kali pada bulan November 2016 dan April 2017.

STANDARPRE INTERVENSI

(NOVEMBER)

POST INTERVENSI

(APRIL)

50 %30,69 %62,87%

C. INDIKATOR SASARAN KESELAMATAN PASIEN

  1. Ketepatan identifikasi pasien : Angka kepatuhan pelaksanaan identifikasi sebelum pemberian obat
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
 > 80 %99,66 %99,81 %100 %99 %

    

  1. Peningkatan komunikasi efektif: Angka kelengkapan verifikasi pada read back proses
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
> 90%83,05 %87,33 %82,63 %89,83 %

  1. Peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai : Kejadian tidak adanya label high alert pada obat high alert di IGD
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
02400

 

  1. Kepastian tepat lokasi tepat prosedur tepat pasien operasi : Angka kelengkapan Surgical Safety Ceklist
STANDARAPRILMEIJUNIJULI
98 %100 %100 %100 %100 %

  1. Pengurangan infeksi terkait pelayanan kesehatan : Angka kepatuhan hand hygiene pada petugas
 STANDARAPRILMEIJUNIJULI
DOKTER> 60 %82 %80 %82 %85 %
PERAWAT> 60 %82,09 %84,09 %85,5 %87,2 %
ADMIN>60 %80 %82,5 %84 %86,5 %
SECURITY>60 %78,5 %77,5 %79 %79 %
LAUNDRY>60 %80 %75 %75 %77 %
LABORAT>60 %85 %85 %85 %88 %
FARMASI>60 %80 %85 %85 %85 %
GIZI>60 %85 %85 %85 %87 %
RADIOLOGI>60 %80 %80 %80 %85 %
CLEANING SERVICE>60 %77 %76,5 %79 %80 %
PENDAFTARAN>60 %80 %80 %80 %82,5 %
PARKIR>60 %75 %75 %76 %76 %
RATA-RATA>60 %80,4 %80,4 %81,3 %83,1 %

                                                                                                                    

 

  1. Pengurangan resiko jatuh : Kejadian tidak terpasangnya gelang pada pasien risiko jatuh
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
0000