CAPAIAN INDIKATOR MUTU JANUARI – MARET 2019

CAPAIAN INDIKATOR MUTU

RSU HARAPAN IBU PURBALINGGA

JANUARI-MARET 2019

A. INDIKATOR AREA KLINIS

1. Asesmen awal: Angka ketepatan assesment asuhan gizi

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
> 80%96,04 %72,71 %83,84 %

2. elayanan Laboratorium: Angka ketepatan waktu tunggu pemeriksaan cito di IGD

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
> 90%90,32 %57,89 %69,23 %

3. Pelayanan radiologic dan diagnostic imaging: Angka ketepatan waktu pelaporan hasil kritis pemeriksaan Rontgen dan USG

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
> 90%100 %100 %100 %

4. Prosedur bedah : Angka pelaporan ketidak sesuaian diagnosa pre dan post operasi

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
< 5%2,6 %1,24 %1,07 %

5. Penggunaan antibiotika dan obat lainnya : Angka Penggunaan Antibiotik Profilaksis pada Pasien Bedah Sesar

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
≥ 85%97,62 %100 %97,62 %

6. Kesalahan medikasi : Kejadian Kesalahan Pembacaan Resep di Farmasi

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
0000

7. Penggunaan anestesi & sedasi : Angka kelengkapan surat persetujuan tindakan anestesi

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
100%100 %100 %100 %

8. Penggunaan darah dan produk darah : Angka terjadinya reaksi transfusi

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
< 0,01%1,92 %0 %0 %

9. Ketersediaan, isi dan penggunaan RM pasien : Angka ketepatan waktu penyediaan dokumen rekam medik pasien rawat jalan

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
≥ 85%49 %54,67 %51,67 %

10. PPI, surveilans dan pelaporan : Angka Pelaporan Infeksi Luka Operasi / ILO

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
< 2%1,32 %1,48 %3,90 %

B. INDIKATOR AREA MANAJEMEN

1. Pengadaan rutin alkes dan obat penting untuk memenuhi kebutuhan pasien : Kejadian kekosongan obat & alkes di ICU

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
0000

2. Pelaporan aktivitas yang diwajibkan oleh peraturan perundangan : Angka Ketepatan Waktu Pelaporan Bulanan Instalasi Rekam

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
≤ Tanggal 10Tanggal 12Tanggal 12Tanggal 8

3. Manajemen resiko : Angka kepatuhan staf dalam proses dekontaminasi peralatan di area berisiko (CSSD)

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
100%97,7 %95,40 %98,40 %

4. Manajemen penggunaan sumberdaya : Ketepatan waktu pemeliharaan alat medis

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
> 90%95,20 %96 %96,6 %

5. Harapan dan kepuasan pasien dan keluarga : Angka kepuasan pasien rawat inap

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
≥ 85%98 %91,20 %93,70 %

6. Harapan dan kepuasaan staf : Angka kepuasan karyawan

Standar: ≥ 85%

Rencana dilakukan 1 tahun 2 kali pada bulan April & Oktober 2019

7. Demografi pasien dan diagnosis klinis : Laporan pola pendidikan pasien

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
adaadaadaada

8. Manajemen keuangan : Angka ketepatan waktu tunggu penyelesaian administrasi pasien pulang rawat inap

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
90%89,50 %92 %91 %

9. Pencegahan dan pengendalian dari kejadian yang dapat menimbulkan masalah bagi keselamatan pasien dan keluarga pasien dan staf : Hasil pemeriksaan bakteriologis air bersih rumah sakit

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
100 %100 %0 %

C. INDIKATOR SASARAN KESELAMATAN PASIEN

1. Peningkatan komunikasi efektif: Survey pemahaman read back proses
Dilakukan per periode, 1 periode berlangsung 3 bulan, seluruh perawat dilakukan survey pemahaman readback proses.

Standar: > 90%

Capaian periode Januari 2019 – Maret 2019 = 100%

2. Peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai : Kejadian tidak adanya label high alert pada obat high alert di rawat inap

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
0 100

3. Kepastian tepat lokasi tepat prosedur tepat pasien operasi : Kejadian tidakadanya penandaan pada daerah operasi

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
0 000

4. Pengurangan infeksi terkait pelayanan kesehatan : Angka kepatuhan hand hygiene pada petugas

NORUANGSTANDAR (%)JANUARI (%)FEBRUARI (%)MARET (%)
1 ICU> 9093,3395,0096,67
2 Kamila Atas> 9089,1793,6493,33
3 Kamila Bawah> 9093,3392,3894,17
4 Kebidanan> 9091,2593,3396,88
5 IBS/OK> 9093,6496,0096,57
6 Pediatrik> 9089,5092,1496,57
7 Perinatologi> 9094,6792,5095,48
8 Poliklinik> 9091,7294,0095,00
9 Security> 9087,0089,4190
10 Admin> 9092,9492,7394,17
11 ISS/Cleaning Service> 9090,5388,0089,63
12 Laundry> 9090,9193,6892,73
13 Parkir> 9086,6788,2487,00
14 Radiologi> 9094,1295,2997,27
15 Hemodialisa> 9095,2095,0096,00
16 Farmasi> 9093,0091,0091,82
17 Gizi> 9093,0092,7397,39
18 Dokter> 9087,7891,5889,00
19 IGD> 9091,4391,5895,00
20 Ash Shobari> 9094,2290,5995,90
21 Zal Bawah> 9093,1692,6796,67
22 Zal Bedah> 9091,2591,5895,17
RATA RATA KESELURUHAN91,7292,4194,20

5. Pengurangan resiko jatuh : Kejadian pasien jatuh

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
0 311

D. INDIKATOR KEMENKES

1. Emergency Respon Time: Angka ketepatan Emergency respon time

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
≥ 80%93,10 %100 %100 %

2. Waktu tunggu rawat jalan: Angka ketepatan waktu tunggu rawat jalan

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
≥ 80%63 %72,3 %72,9 %

3. Penundaan operasi elektif: Angka penundaan operasi

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
< 5%0,99 %1,48 %0 %

4. Kepatuhan jam visite dokter spesialis: Kejadian pasien tidak di visite oleh DPJP di dalam fase perawatan

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
0 119127175

5. Waktu lapor hasil tes kritis laboratorium: Angka ketepatan waktu penyampaian nilai kritis ke perawat

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
> 90%100 %96 %100 %

6. Kepatuhan cuci tangan: Angka kepatuhan hand hygiene pada petugas

NORUANGSTANDAR (%)JANUARI (%)FEBRUARI (%)MARET (%)
1 ICU> 9093,3395,0096,67
2 Kamila Atas> 9089,1793,6493,33
3 Kamila Bawah> 9093,3392,3894,17
4 Kebidanan> 9091,2593,3396,88
5 IBS/OK> 9093,6496,0096,57
6 Pediatrik> 9089,5092,1496,57
7 Perinatologi> 9094,6792,5095,48
8 Poliklinik> 9091,7294,0095,00
9 Security> 9087,0089,4190
10 Admin> 9092,9492,7394,17
11 ISS/Cleaning Service> 9090,5388,0089,63
12 Laundry> 9090,9193,6892,73
13 Parkir> 9086,6788,2487,00
14 Radiologi> 9094,1295,2997,27
15 Hemodialisa> 9095,2095,0096,00
16 Farmasi> 9093,0091,0091,82
17 Gizi> 9093,0092,7397,39
18 Dokter> 9087,7891,5889,00
19 IGD> 9091,4391,5895,00
20 Ash Shobari> 9094,2290,5995,90
21 Zal Bawah> 9093,1692,6796,67
22 Zal Bedah> 9091,2591,5895,17
RATA RATA KESELURUHAN91,7292,4194,20

7. Kepuasan pasien dan keluarga: Angka Kepuasan Pelanggan pada Pelayanan Gawat Darurat

STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
≥ 80%91 %86 %90 %