CAPAIAN INDIKATOR MUTU JANUARI-MARET 2017

CAPAIAN INDIKATOR MUTU

RSU HARAPAN IBU PURBALINGGA

JANUARI-MARET 2017

 

A. INDIKATOR AREA KLINIS

  1. Asesmen awal: Angka kelengkapan asesmen awal medis di rawat inap

STANDAR

JANUARIFEBRUARI

MARET

> 80 %87,29 %90,98%94,20%

 

  1. Pelayanan Laboratorium: Angka ketepatan waktu hasil pemeriksaan darah rutin di rawat jalan
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
> 90%97,09 %96,86 %99,80 %

 

  1. Pelayanan radiologic dan diagnostic imaging: Angka pengulangan pemeriksaan radiologi polos
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
< 2%1,60  %3,70 %2,00 %

 

  1. Prosedur bedah : Angka kelengkapan laporan operasi
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
> 95 %100  %100%100%

 

  1. Penggunaan antibiotika dan obat lainnya : Angka penulisan resep sesuai formularium di farmasi rawat jalan
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
> 95 %97 %99,36 %99,63%

 

  1. Kesalahan medikasi : Angka ketepatan waktu pemberian antibiotika injeksi pada pasien di rawat inap.
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
> 80 %98,57 %93,25 %97,39 %

 

  1. Penggunaan anestesi & sedasi : Angka kelengkapan asesmen pre anestesi
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
> 95 %61,37 %100 %100 %

 

  1. Penggunaan darah dan produk darah : Angka ketepatan waktu penyediaan darah untuk pasien sectio secaria cito
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
> 98 %100%100 %100 %

 

  1. Ketersediaan, isi dan penggunaan RM pasien : Angka ketepatan waktu penyediaan dokumen rekam medik pasien lama di IGD
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
> 90 %78,68%81,34%49,36%

 

  1. PPI, surveilans dan pelaporan : Angka phlebithis
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
< 1,5 persen1,18 persen0,9 persen0,8 persen

 

B. INDIKATOR AREA MANAJEMEN                

  1. Pengadaan rutin alkes dan obat penting untuk memenuhi kebutuhan pasien : Kejadian kekosongan obat emergensi di IGD
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
0001

 

  1. Pelaporan aktivitas yang diwajibkan oleh peraturan perundangan : Kejadian keterlambatan pelaporan obat narkotika
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
0000

 

  1. Manajemen resiko : Kejadian staf Rumah Sakit tertusuk limbah benda tajam
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
0000

 

  1. Manajemen penggunaan sumberdaya : Angka ketepatan waktu respon genset saat listrik padam di ICU
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
> 95 %100 %100 %100 %

 

  1. Harapan dan kepuasan pasien dan keluarga : Angka kepuasan pasien rawat inap
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
≥ 85 %86,6%90,50%82,60%

 

  1. Harapan dan kepuasaan staf : Angka kepuasan karyawan

Standar: ≥ 85%

Rencana dilakukan 1 tahun 1 kali pada bulan Juli 2017

 

  1. Demografi pasien dan diagnosis klinis : Laporan 10 besar penyakit
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
adaadaadaAda

 

  1. Manajemen keuangan : Kejadian keterlambatan pengajuan klaim BPJS
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
Tepat waktu

( tgl 20, 2 bln berikutnya)

Terlambat

( 30/01/2017 )

Terlambat

( 27/02/2017 )

Terlambat

( 24/03/2017 )

  1. Pencegahan dan pengendalian dari kejadian yang dapat menimbulkan masalah bagi keselamatan pasien dan keluarga pasien dan staf : Pola pemahaman staf dalam penanganan kebakaran

Survey dilakukan pada bulan November 2016.

STANDAR CAPAIAN
50 %30,69 %

C. INDIKATOR SASARAN KESELAMATAN PASIEN

  1. Ketepatan identifikasi pasien : Angka kepatuhan pelaksanaan identifikasi sebelum pemberian obat
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
> 80 %90,90 %95,70 %97,80 %

    

 

  1. Peningkatan komunikasi efektif: Angka kelengkapan verifikasi pada read back proses
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
> 90%83,77 %73,56%87,71%

             

  1. Peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai : Kejadian tidak adanya label high alert pada obat high alert di IGD
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
0511

 

  1. Kepastian tepat lokasi tepat prosedur tepat pasien operasi : Angka kelengkapan Surgical Safety Ceklist
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
100100100100

 

 

  1. Pengurangan infeksi terkait pelayanan kesehatan : Angka kepatuhan hand hygiene pada petugas
 STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
DOKTER> 60 %62 %70 %80 %
PERAWAT> 60 %69 %71,3 %83,4 %
ADMIN>60 %63 %72,5 %79 %
SECURITY>60 %60,5 %65 %75 %
LAUNDRY>60 %63 %65 %75 %
LABORAT>60 %65 %70 %80 %
FARMASI>60 %64,5 %69 %80 %
GIZI>60 %60 %72 %80 %
RADIOLOGI>60 %64 %70 %80 %
CLEANING SERVICE>60 %59,5 %67,5 %76,5 %
PENDAFTARAN>60 %65 %70 %80 %
PARKIR>60 %60 %65 %75 %
RATA-RATA>60 %62,9 %68,9 %78,6 %

                                                                                                  

 

         

  1. Pengurangan resiko jatuh : Kejadian tidak terpasangnya gelang pada pasien risiko jatuh
STANDARJANUARIFEBRUARIMARET
0000