CAPAIAN INDIKATOR MUTU APRIL-JUNI 2019

CAPAIAN INDIKATOR MUTU

RSU HARAPAN IBU PURBALINGGA

APRIL-JUNI 2019

A. INDIKATOR AREA KLINIS

1. Asesmen awal: Angka ketepatan assesment asuhan gizi

STANDARAPRILMEIJUNI
> 80%86,15 %98,26 %98,26 %

2. Pelayanan Laboratorium: Angka ketepatan waktu tunggu pemeriksaan cito di IGD

STANDARAPRILMEIJUNI
> 90%75,00 %68,40 %85,70 %

3. Pelayanan radiologic dan diagnostic imaging: Angka ketepatan waktu pelaporan hasil kritis pemeriksaan Rontgen dan USG

STANDARAPRILMEIJUNI
> 90%100 %100 %100 %

4. Prosedur bedah : Angka pelaporan ketidak sesuaian diagnosa pre dan post operasi

STANDARAPRILMEIJUNI
< 5%0 %0 %0 %

5. Penggunaan antibiotika dan obat lainnya : Angka Penggunaan Antibiotik Profilaksis pada Pasien Bedah Sesar

STANDARAPRILMEIJUNI
≥ 85%100 %100 %100 %

6. Kesalahan medikasi : Kejadian Kesalahan Pembacaan Resep di Farmasi

STANDARAPRILMEIJUNI
0000

7. Penggunaan anestesi & sedasi : Angka kelengkapan surat persetujuan tindakan anestesi

STANDARAPRILMEIJUNI
100%100 %100 %100 %

8. Penggunaan darah dan produk darah : Angka terjadinya reaksi transfusi

STANDARAPRILMEIJUNI
< 0,01%0 %4,10 %0 %

9. Ketersediaan, isi dan penggunaan RM pasien : Angka ketepatan waktu penyediaan dokumen rekam medik pasien rawat jalan

STANDARAPRILMEIJUNI
≥ 85%40 %36,33 %61,33 %

10. PPI, surveilans dan pelaporan : Angka Pelaporan Infeksi Luka Operasi / ILO

STANDARAPRILMEIJUNI
< 2%0,82 %0 %0,80 %

B. INDIKATOR AREA MANAJEMEN

1. Pengadaan rutin alkes dan obat penting untuk memenuhi kebutuhan pasien : Kejadian kekosongan obat & alkes di ICU

STANDARAPRILMEIJUNI
0000

2. Pelaporan aktivitas yang diwajibkan oleh peraturan perundangan : Angka Ketepatan Waktu Pelaporan Bulanan Instalasi Rekam

STANDARAPRILMEIJUNI
< Tanggal 10Tanggal 7Tanggal 12Tanggal 8

3. Manajemen resiko : Angka kepatuhan staf dalam proses dekontaminasi peralatan di area berisiko (CSSD)

STANDARAPRILMEIJUNI
100 %89,5 %92,6 %92 %

4. Manajemen penggunaan sumberdaya : Ketepatan waktu pemeliharaan alat medis

STANDARAPRILMEIJUNI
> 90%91,08 %93,62 %94,7 %

5. Harapan dan kepuasan pasien dan keluarga : Angka kepuasan pasien rawat inap

STANDARAPRILMEIJUNI
≥ 85%95,90 %95,40 %96,90 %

6. Harapan dan kepuasaan staf : Angka kepuasan karyawan

Standar: ≥ 85%

Rencana dilakukan 1 tahun 2 kali pada bulan April & Oktober 2019 Hasil survey kepuasan karyawan pada bulan april, sebanyak 88% puas terhadap Rumah Sakit Harapan Ibu.

7. Demografi pasien dan diagnosis klinis : Laporan pola pendidikan pasien

STANDARAPRILMEIJUNI
adaadaadaada

8. Manajemen keuangan : Angka ketepatan waktu tunggu penyelesaian administrasi pasien pulang rawat inap

STANDARAPRILMEIJUNI
90%98 %88,27 %89,98 %

9. Pencegahan dan pengendalian dari kejadian yang dapat menimbulkan masalah bagi keselamatan pasien dan keluarga pasien dan staf : Hasil pemeriksaan bakteriologis air bersih rumah sakit

STANDARAPRILMEIJUNI
100%100 %50 %50 %

C. INDIKATOR SASARAN KESELAMATAN PASIEN

1. Peningkatan komunikasi efektif: Survey pemahaman read back proses
Dilakukan per periode, 1 periode berlangsung 3 bulan, seluruh perawat dilakukan survey pemahaman readback proses.

Standar: > 90%

Capaian periode April 2019 – Juni 2019 = 100%

2. Peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai : Kejadian tidak adanya label high alert pada obat high alert di rawat inap

STANDARAPRILMEIJUNI
0000

3. Kepastian tepat lokasi tepat prosedur tepat pasien operasi : Kejadian tidak adanya penandaan pada daerah operasi

STANDARAPRILMEIJUNI
0000

4. Pengurangan infeksi terkait pelayanan kesehatan : Angka kepatuhan hand hygiene pada petugas

RUANGSTANDAR (%)APRIL (%)MEI (%)JUNI (%)
ICU> 9094,2995,0090,00
Kamila Atas> 9092,6394,8190,00
Kamila Bawah> 9093,3394,5592,59
Kebidanan> 9093,9494,8487,20
IBS/OK> 9092,5994,5590,00
Pediatrik> 9090,9193,3389,19
Perinatologi> 9092,2695,3890,00
Poliklinik> 9090,0094,6787,20
IGD> 9089,5293,3390,43
Ash Shobari> 9090,3492,8289,52
Zal Bawah> 9090,5993,0086,90
Zal Bedah> 9093,5795,5691,30
Dokter> 9086,6785,2685,26
IT> 9089,3388,0088,00
RM> 9088,2492,9489,41
GIZI> 9090,0090,0090,00
Security> 9088,7586,2588,75
KASIR> 9089,3384,0084,00
Farmasi RI> 9090,0086,0086,00
Kantor zona 1> 9090,7787,6990,77
ISS> 9089,3386,6788,00
Laundry> 9088,0088,0086,00
Hemodialisa> 9092,0091,1191,11
TPPRI> 9085,7187,1490,00
TPPRJ> 9086,0088,0088,00
Koperasi> 9084,2985,0085,00
RADIOLOGI> 9090,0084,2990,00
LABORATORIUM> 9092,9491,7691,76
FILLING> 9085,0083,3390,00
KEUANGAN> 9086,1590,7790,77
BPJS> 9085,3386,6789,33
FARMASI RJ> 9085,3388,0088,00
SDM> 9086,1585,0090,00
PARKIR> 9081,4381,4387,14
DRIVER> 9085,0083,3385,00
TEKNISI> 9083,0883,0883,08
RATA RATA KESELURUHAN88,9789,3288,60

5. Pengurangan resiko jatuh : Kejadian pasien jatuh

STANDARAPRILMEIJUNI
0001

D. INDIKATOR KEMENKES

1. Emergency Respon Time: Angka ketepatan Emergency respon time

STANDARAPRILMEIJUNI
≥ 80%100 %100 %100 %

2. Waktu tunggu rawat jalan: Angka ketepatan waktu tunggu rawat jalan

STANDARAPRILMEIJUNI
≥ 80%72,4 %73,1 %73 %

3. Penundaan operasi elektif: Angka penundaan operasi

STANDARAPRILMEIJUNI
< 5%0,41 %0,36 %1,18 %

4. Kepatuhan jam visite dokter spesialis: Kejadian pasien tidak di visite oleh DPJP di dalam fase perawatan

STANDARAPRILMEIJUNI
0196100213

5. Waktu lapor hasil tes kritis laboratorium: Angka ketepatan waktu penyampaian nilai kritis ke perawat

STANDARAPRILMEIJUNI
> 90%100 %100 %100 %

6. Kepatuhan cuci tangan: Angka kepatuhan hand hygiene pada petugas

RUANGSTANDAR (%)APRIL (%)MEI (%)JUNI (%)
ICU> 9094,2995,0090,00
Kamila Atas> 9092,6394,8190,00
Kamila Bawah> 9093,3394,5592,59
Kebidanan> 9093,9494,8487,20
IBS/OK> 9092,5994,5590,00
Pediatrik> 9090,9193,3389,19
Perinatologi> 9092,2695,3890,00
Poliklinik> 9090,0094,6787,20
IGD> 9089,5293,3390,43
Ash Shobari> 9090,3492,8289,52
Zal Bawah> 9090,5993,0086,90
Zal Bedah> 9093,5795,5691,30
Dokter> 9086,6785,2685,26
IT> 9089,3388,0088,00
RM> 9088,2492,9489,41
GIZI> 9090,0090,0090,00
Security> 9088,7586,2588,75
KASIR> 9089,3384,0084,00
Farmasi RI> 9090,0086,0086,00
Kantor zona 1> 9090,7787,6990,77
ISS> 9089,3386,6788,00
Laundry> 9088,0088,0086,00
Hemodialisa> 9092,0091,1191,11
TPPRI> 9085,7187,1490,00
TPPRJ> 9086,0088,0088,00
Koperasi> 9084,2985,0085,00
RADIOLOGI> 9090,0084,2990,00
LABORATORIUM> 9092,9491,7691,76
FILLING> 9085,0083,3390,00
KEUANGAN> 9086,1590,7790,77
BPJS> 9085,3386,6789,33
FARMASI RJ> 9085,3388,0088,00
SDM> 9086,1585,0090,00
PARKIR> 9081,4381,4387,14
DRIVER> 9085,0083,3385,00
TEKNISI> 9083,0883,0883,08
RATA RATA KESELURUHAN88,9789,3288,60

7. Kepuasan pasien dan keluarga: Angka Kepuasan Pelanggan pada Pelayanan Gawat Darurat

STANDARAPRILMEIJUNI
> 80%93 %97 %99 %